jump to navigation

SEHAT-i

ANDA PINGIN TAHU ?

Apakah Anda stress ?????

Stress dapat membahayakan kesehatan kita. Survei menunjukkan bahwa 43 persen orang dewasa menderita mulai dari dampak tidak baik pada kesehatan hingga menderita stress. Stress dapat menghabiskan vitamin B dari tubuh yang sangat penting untuk sistem kita menghadapi ketakutan. Itu juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi dalam sistem tubuh kita dari makanan yang kita makan dan dari suplemen yang kita masukkan kedalam tubuh. Ketika anda mengatakan anda merasa “stress”, itu lebih dari sekedar masalah secara emosional saja. Hal itu mempengaruhi tubuh anda dalam banyak cara dibanding yang dapat anda bayangkan.

Namun ada kabar baik. Ada langkah sederhana yang dapat kita ambil untuk melawan stress sebelum stress mengganggu anda. Cobalah gabungan langkah sederhana ini dalam gaya hidup anda, sehingga tubuh anda lebih siap mengatasi stress dalam kehidupan setiap hari.

1. Dapatkah Tidur yang Cukup. Telah terbukti jika tidur benar-benar menolong mengurangi stress. Tidur memulihkan tubuh dan pikiran dan menolong kita memelihara kesehatan mental dan fisik. Studi telah menunjukkan bahwa “orang yang tidur tujuh hingga delapan jam setiap malamnya menikmati kesehatan dan kehidupan yang lebih panjang daripada orang yang kurang tidur.” (Mid-Columbia Medical Center, Oregon) berdasarkan Dr. David Posen, dalam tulisannya di Canadian Journal of Continuing Medical Education sejarah peristiwa stress, pasien hampir selalu menderita akibat keletihan. Keletihan membuat kita kurang dapat mengatasi dengan baik situasi penuh tekanan. Dinamika ini dapat menciptakan siklus tindakan yang merusak. Ketika pasien yang mengidap stress mendapatkan lebih banyak istirahat, mereka akan merasa lebih baik dan lebih tabah dan mampu beradaptasi kala berurusan dengan peristiwa setiap harinya. Jangan remehkan gagasan kuno tentang tidur malam yang cukup. Tidur cukup memberi lebih banyak kesehatan daripada yang anda tahu.

2. Makanan Diet Seimbang Untuk Menjaga Nutrisi. Telah disebutkan sebelumnya bahwa stress dapat mengurangi vitamin B dari tubuh dan mengurangi penyerapan nutrisi vital. Menjadi penting untuk memastikan makanan kita memiliki diet yang seimbang. Sikap dalam satu pengalaman atau bagaimana merespon terhadap peristiwa stress tergantung daripada seberapa banyak diet makanan seperti halnya pada kecakapan kita. Memakan makanan yang benar dan menjaga diet seimbang dapat menolong mengurangi stress dan mendorong lebih banyak energi. Juga, cobalah untuk membuat waktu makan anda menjadi tenang dan rileks. Makan dalam perjalanan biasanya membuat kita memilih makanan yang buruk dan suatu atmosfir penuh kesibukan yang hanya akan menyumbang terjadinya stress yang lebih besar.

3. Perbaiki Pola Makan Dengan Suplemen yang Berkualitas. Sebagai tambahan untuk pola makanan diet yang seimbang, suplemen amat penting untuk keseluruhan kesehatan dan nutrisi. Mengkonsumsi suplemen adalah langkah besar untuk menolong sistem tubuh yang tengah gelisah yang beresiko lebih besar selama waktu-waktu stress. Semakin besar dukungan bagi sistem tubuh yang tengah stress, peneliti telah menunjukkan bahwa vitamin B-12 adalah nutrisi yang paling utama karena mendorong aktifitas sel saraf dalam tubuh. Badan Makanan dan Gizi AS telah merekomendasikan bahwa orang yang berusia lebih dari 51 tahun menyerap nutrisi tidak sebaik daripada apa yang harus dipakai tubuhnya. Oleh karena itu mereka harus melakukan diet suplemen vitamin B-12 atau dibentengi oleh produk makanannya.

4. Hindari Atau Batasi Kafein. Kafein adalah perangsang yang benar-benar membangkitkan reaksi stress dalam tubuh (Dr. David Posen, Canadian Journal of Continuing Medical Education). Orang yang membuat rendah kadar kafein atau bahkan menghilangkan masuknya kafein dilaporkan mempunyai kondisi perasaan yang lebih santai, lebih tidak gelisah dengan energi dan memperbaiki pola tidur. Lain kali kala anda membutuhkan secangkir kopi, carilah yang bebas kafein.

5. Olah Raga Teratur. Olah raga adalah kunci untuk mengurangi stress!. Berdasarkan Dr. David Posen : “Tidak ada yang menyangkal olah raga aerobik sebagai satu cara menyalurkan energi kala kita stress”. Olah raga secara umum direkomendasikan kita lakukan dalam bentuk aerobik paling tidak selama 20 menit, tiga kali seminggu. Jika anda belum berolah raga, temukan aktifitas yang bekerja baik bagi anda dan mulailah lakukan!.

6. Nikmati Kesenangan Sederhana. Terkadang hal-hal kecil justru yang amat berarti. Adalah menakjubkan bagaimana pengobatan sederhana yang berkaitan dengan kesenangan dapat mengurangi stress. Ambil waktu berjalan di danau atau taman, bermain dengan anak atau keponakan atau membaca buku. Buatlah waktu dalam jadwal anda untuk melakukan hal-hal sederhana yang membawa kegembiraan pada diri anda.

7. Berdoa. Terakhir dalam daftar… namun bukan berarti tidak penting. Ada banyak alasan untuk berdoa. Pertolongan bagi stress hanyalah satu keuntungan dari gaya hidup berdoa. Dan sekarang pengetahuan mengambil alih. Pada tahun 1997 dilaporkan bahwa paling tidak 30 sekolah medis di AS menawarkan program pengajaran pada subyek tentang iman dan peran doa dalam proses penyembuhan. Berdasar Dr. Herbert Benson, presiden Mind/Body Medical Institute pada Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston (Institut Kesehatan Pikiran dan Tubuh), 60% dokter yang dikunjungi berhubungan dengan stress – penyakit yang dapat ditolong atau diperbaiki dengan dampak penenangan secara psikologis melalui doa.

Kita tidak pernah menghilangkan stress dari kehidupan kita – paling tidak hingga kita masuk ke surga kelak. Tips gaya hidup ini dapat amat berguna namun hanya jika anda melakukannya secara konstan. Bahkan jika itu tidak mungkin, adalah penting untuk mengkonsumsi suplemen setiap hari dengan suplemen berkualitas B-12, karena suplemen inilah yang amat kurang karena dipakai ketika mengalami stress.

*sumber : JawabanHealth

===============================

================

=========

Bekerja di Malam Hari Lebih Buruk Dari Merokok.

Agen Penelitian Kanker Internasional (IARC) baru-baru ini memutuskan untuk memasukkan poin mengenai bekerja pada malam hari ke dalam daftar pekerjaan beresiko kanker. Dalam dafar tersebut juga termasuk sinar ultraviolet, karbon hitam, mesin pembuangan uap, zat-zat pewarna berbahaya, dan sebagainya. Dengan demikian karyawan memiliki hak untuk mendapat kompensasi bagi resiko pekerjaan tambahan saat mereka diharuskan lembur pada malam hari.

Ilmuwan Jepang dari University of Occupational and Environmental Health mengadakan sebuah eksperimen. Mereka mengamati 14.000 orang selama 10 tahun. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa karyawan yang bekerja dengan jam kerja fleksibel lebih banyak menderita kanker prostat dibanding mereka yang bekerja dengan jam kerja standar.

Pakar Denmark dari Institute of Cancer Epidemiology memeriksa 7.000 wanita berusia 30 hingga 54 tahun. Diketahui bahwa para wanita yang bekerja setidaknya selama enam bulan lamanya pada malam hari memiliki peluang lebih tinggi mengidap tumor payudara.

Richard Stevens, seorang professor dari Connecticut University Health Center merupakan ilmuwan pertama yang mengamati interkoneksi antara bekerja malam hari dan kanker payudara pada tahun 1987.

Ilmuwan menyelidiki alasan merebaknya kanker payudara pada tahun 1930-an, di mana saat itu ba-nyak perusahaan yang mulai menetapkan 24 jam kerja penuh sehari dengan mempekerjakan wanita sebagai buruh siang dan malam.

Mereka yang sering lembur malam hari juga memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Para ilmuwan dari University of Milan memeriksa 22 ahli logam pria yang memiliki jam kerja berbeda setiap minggunya.

Pengamatan harian kerja jantung mereka menunjukkan bahwa rata-rata detak jantung dan aktivitas sistem yang berhubungan dengan hormon tidak mengalami perubahan saat bekerja pada malam hari. Dengan kata lain, orang-orang tersebut sadar dan bekerja walaupun kerja jantung dan pembuluh darah berkurang seperti layaknya saat mereka tidur. Hal ini berarti aktivitas ketegangan dan fisik berada di luar batas kekuatan mereka saat malam hari.

Kepala penelitian Rafaello Furlan percaya bahwa tubuh manusia tidak dapat beradaptasi dengan aktivitas malam hari, yang sesudahnya dapat berakibat pada penyakit jantung. Namun, para ilmuwan belum mengetahui pastinya mekanisme penyakit ini akan muncul pada saatnya.

Ilmuwan menyampaikan beberapa teori yang menjelaskan dampak negatif bekerja malam hari ter-hadap kesehatan manusia.

Pertama dan yang terpenting, seorang manusia merupakan mahkluk yang hidup pada siang hari. Bekerja pada malam hari dan tidur saat siang hari mengganggu bioritme harian dan rentan terkena berbagai penyakit.

Organisme manusia memproduksi melatonin, yaitu hormon tidur, pada malam hari. Hormon ini mengatur ritme biologis sama seperti hormon-hor-mon lainnya. Apabila seseorang tidak tidur pada malam hari, sistem akan mengalami penyimpangan. Gaya hidup malam hari membuat sulit diri sendiri. Penduduk di wilayah utara sering menderita polar tension syndrome (sindrom yang sering dialami penduduk kutub utara), yang diakibatkan musim dingin gelap yang panjang, kurangnya vitamin, kondisi iklim yang buruk dan musim panas yang sangat jarang. Kekurangan sinar matahari merupakan cobaan serius bagi seorang manusia. Akan menyebabkan depresi, seringkali tidak diketahui oleh si penderita.

Konsekuensi negatif bekerja malam hari tidak berakhir di sini. Nausea, gangguan lambung, sakit perut, diare dan hilangnya nafsu makan merupakan berbagai keluhan umum yang sering dialami karya-wan yang bekerja malam.

Tidur yang baik sangat dianjurkan agar fungsi perut bekerja normal. Kerja malam membingungkan jam kerja biologis tubuh, untuk mensinkronisasikan konsumsi makanan dan pencernaan. (val/pravda.ru)

Pada akhirnya, kerja malam sering memisahkan orang-orang dari keluarga dan teman-teman mereka, menciptakan situasi tertekan.

*SUMBER ERABARU

===================

==========

====

Tahukah Anda bahwa udara indoor 5 kali lebih kotor daripada di outdoor*?

Bila Anda dapat melihat udara yang Anda hirup dibawah mikroskop, Anda dapat melihat jutaan partikel kecil dari bakteri, dustmite (tungau debu), asap, chemicals, dll.

Kualitas Udara Ruangan yang Buruk Mempengaruhi Kesehatan Anda

Ruangan, semakin tertutup maka akan semakin tidak baik, karena partikel debu, asap rokok, kuman, virus, dll terperangkap didalamnya, terutama akibat ventilasi yang kurang dengan hawa luar yang segar. AC hanya berfungsi mendinginkan suhu udara, namun tidak mengubah komposisi udara. Belakangan ini muncul AC yang dapat mengikat ion, namun tidak mematikan kuman dan virus secara menyeluruh, karena proses pengikatan ion berlangsung didalam ruangan, bukan didalam AC (AC melepas ion, mengikat kuman diluar, menon-aktifkannya sementara, namun tetap tertinggal pada berbagai permukaan, bila tersentuh tangan dapat masuk kembali ke dalam tubuh melalui makanan yang tersentuh tangan itu).

Tahukah Anda bahwa udara indoor 5 kali lebih kotor daripada di outdoor*? Bila Anda dapat melihat udara yang Anda hirup dibawah mikroskop, Anda dapat melihat jutaan partikel kecil dari bakteri, dustmite (tungau yang terdapat pada debu), asap, chemicals, dll.

Cara pertukaran udara terbaik adalah membuka jendela, tapi ini kadang tidak praktis, bila Anda menyalakan AC, udara dingin dapat terbuang keluar. Juga tidak aman, atau bahkan ruangan Anda tidak dilengkapi jendela yang dapat dibuka agar udara dapat mengalir.

Sebuah air filter dapat mengurangi dampak negatif dari kualitas udara dalam ruangan yang buruk ini. Udara didalam ruangan disedot masuk kedalam alat (mesin) filter, dibersihkan didalam. Ia dapat menyaring dan melumpuhkan partikel debu, dustmite (tungau debu), asap tembakau dan dapur, aneka bau, bulu hewan, jamur, uap dari bahan kimia pembersih rumah, toner fotokopi dan printer, bakteri dan virus penyakit, dll. Udara dialirkan lagi ke dalam ruangan dalam bentuk yang bersih dan segar.

Bahaya dibalik udara kotor :
Biaya Kesehatan Menjadi Tinggi dan Mengurangi Produktivitas
Udara yang kotor menyebabkan “sick building syndrome”, karena mengandung berbagai kuman penyakit yang tak kasat mata. Mereka dapat terbang dan terhirup kedalam tubuh, atau menempel pada atap, dinding, furnitur, karpet, tirai, sofa, ranjang. Bila tangan menyentuhnya, dapat masuk kedalam tubuh melalui makanan. Oleh karena itu, udara dalam ruangan harus selalu diperhatikan. Setiap kita menghirup udara, tanpa disadari jutaan dari unsur negatif ini masuk ke dalam tubuh, dan bila daya tahan tubuh kita sedang buruk, kita dapat terserang penyakit, baik dari keluhan tenggorokan kering, mata berair, pusing, kulit gatal, flu, bersin-bersin, alergi, asma, nafas sesak, kelelahan, mual, sakit perut, sampai ke penyakit berat. Didalam kantor, bila sering ada staff yang tidak masuk karena sakit, dapat menurunkan produktivitas kerja. Bila mereka dapat berkerja dalam udara yang selalu bersih, badan dan pikirannya terasa segar, otomatis produktivitas kerja perusahaan meningkat dan pegawai jadi jarang sakit, otomatis tagihan kesehatan dapat menurun.

Biaya Perawatan yang Tinggi
Partikel udara yang kotor yang menempel pada lempengan didalam peralatan AC menyebabkan performance-nya menurun. Pengujian independen membuktikan bahwa lempengan kotor menyebabkan penambahan konsumsi energi sebesar 15%, pipa juga sering dibersihkan atau terpaksa diganti. Dan bila polutan ini mengkontaminasi peralatan kantor terutama mesin dan furnitur, usianya juga pendek. Seperti yg kita tahu, AC central hanya memutar dan mengalirkan udara didalam gedung, tidak membersihkannya.

Saat ini di dunia beberapa perusahaan sudah mengembangkan produk air filter, salah satunya adalah Honeywell, yang bekerja dengan sistim penyaringan Electronic dimana tidak seperti AC pada umumnya, penyaringan dan pelumpuhan dari kuman dilakukan didalam unit dari air filter tersebut.

Tahap Penyaringan Electronic Air Cleaners :
Partikel besar diserap oleh pre-filter screen. Partikel yg lebih kecil lagi melewati 2 kawat muatan listrik positif dan negatif. Partikel muatan positif diambil oleh yg kawat kolektor listrik muatan negatif dan partikel bermuatan negatif diambil oleh kawat kolektor listrik bermuatan positif, sehingga dihasilkan udara yang bersih yang dialirkan kembali ke dalam ruangan / sirkulasi gedung.


*Sumber: Environmental Protection Agency
=============================================
=============================================

=====

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: